Perguruan Tinggi Pilihanku

Banyak sekali mahasiswa atau taruna Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) memberikan alasan yang sama ketika ditanya mengapa memilih bersekolah di PTK. Jawabannya tidak akan jauh dari ingin membuat bangga orang tua, ingin mendapatkan sekolah yang gratis, ingin langsung bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), ingin terlihat keren dengan seragam-seragamnya, dan lain sebagainya.

STOP! sebelum hal itu juga menjadi alasan-alasanmu dalam memilih perguruan tinggi, alangkah baiknya para sobat pencari perguruan tinggi berpikir ulang terlebih dahulu.

  • Ingin membuat bangga orang tua? Nyatanya setiap orang tua pasti bangga dengan anaknya yang melakukan kegiatan positif.
  • Ingin mendapatkan sekolah gratis? Tidak hanya PTK yang menawarkan sekolah gratis, nyatanya saat ini banyak beasiswa yang ditawarkan baik di dalam atau diluar negeri.
  • Ingin langsung bekerja sebagai ASN? Itu tidak mudah, kamu masih harus kuliah 3 atau 4 tahun dulu untuk ikut tes sebagai ASN. Diluar itu, ternyata banyak lho profesi selain ASN yang lebih menantang.
  • Ingin terlihat keren? Keren itu bukan karena seragam lho, keren itu adalah dengan prestasi yang kamu raih.

Jadi, bagaimana menentukan perguruan tinggi yang tepat selepas sobat semua lulus dari sekolah putih abu-abu? Yang pertama, penting sekali buat kamu semua memiliki yang namanya goal’s life atau tujuan. Misalnya, sepuluh tahun kedepan sobat semua ingin menjadi apa? Pengusaha? Atlet? Musisi? Artis? Arsitek? Politisi? Desainer? Pedagang? Jurnalis?Dokter? Pilot? Polisi? Tentara? Atau ingin jadi ASN? Tentukanlah 1 atau 2 tujuanmu. Jangan banyak –banyak nanti sobat malah tidak fokus.

Selanjutnya, sobat semua juga perlu cek lagi apa sebenarnya kesukaanmu? Apa kamu suka berhitung, suka dengan hal menantang di outdoor, suka berolahraga, suka bermusik, dsb? Kesukaanmu berguna sekali untuk meyakinkan tujuan yang kamu pilih.

Setelah kamu selesai menentukan pilihan goal’s life dan kesukaanmu, barulah sobat cari informasi yang sebanyak-banyaknya, perguruan tinggi mana yang memiliki program studi yang sesuai dengan pilihanmu. Carilah sedikitnya 3 (tiga) perguruan tinggi, bandingkan (+) dan (-) nya. Informasi tambahan tentang reputasi lulusan, beasiswa, juga penting di tahap ini .

Kalau kamu mempunyai angan-angan untuk sekolah di PTK. Coba periksa apakah PTK favoritmu bagian dari pilihanmu itu? Jika iya, lanjutkanlah. Misalnya Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN), yang sebelumnya dikenal dengan Sekolah Tinggi Sandi Negara. Poltek SSN merupakan perguruan tinggi di lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Poltek SSN terdiri dari 3 (tiga) program studi (prodi) diploma IV yaitu Prodi Rekayasa Keamanan Siber, Prodi Rekayasa Kriptografi, dan Prodi Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi. Lulusan dari Poltek SSN akan bekerja sebagai ASN di lingkungan BSSN.

Jangan lupa untuk membuat persiapan yang matang sebelum sobat semua mengikuti seleksi penerimaan di PTK. Hampir semua PTK memberlakukan seleksi yang ketat dan banyak tahapan. Bentuk tes nya bervariasi, diantaranya Seleksi Kompetensi Dasar, Tes Akademik, Tes Wawancara, Tes Kebugaran dan Kesehatan, Tes Psikologi.

Pada akhirnya, kalau mau kuliah tidaklah harus di Poltek SSN. Tapi kalau sobat semua suka dengan bidang IT security dan ingin bekerja di bidang pemerintahan, Poltek SSN pilihan yang sangat tepat!

Pos Terkait