Sobat Poltek, Simak cara menghitung nilai SKD mu.

Halo sobat Poltek SSN

sobat poltek sudah tau bagaimana cara menilai hasil tes Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD?

Mimin coba jabarkan ya.

Menurut Keputusan Menteri PANRB No. 921 Tahun 2021 tentang Nilai Ambang Batas SKD Seleksi Penerimaan Mahasiswa/ Praja/ Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/ Lembaga T.A 2021, tes SKD terdiri dari tiga komponen yaitu:

  • Tes Karakter Pribadi (TKP)

Tes ini bertujuan untuk menilai sikap pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, serta profesionalisme. Terdapat 45 soal yang harus sobat kerjakan. Bobot jawaban paling tinggi nilainya lima (5) paling rendah nilainya satu (1). Apabila sobat memilih tidak menjawab soal, maka nilainya nol (0).

  • Tes Intelegensia Umum  (TIU)

Tes ini bertujuan untuk menilai kemampuan verbal yang meliputi analogi, silogisme serta analitis kemampuan numerik yang meliputi kemampuan berhitung deret angka, perbandingan kuantitatif serta soal cerita dan kemampuan figural yang meliputi analogi, ketidaksamaan dan serial. Terdapat 35 soal yang harus sobat kerjakan.

Bobot jawaban apabila sobat menjawab benar, maka nilainya lima (5). Bila jawaban sobat ternyata salah atau tidak menjawab soal, maka nilainya nol (0).

  • Tes wawasan kebangsaan (TWK)

Tes ini bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar. Terdapat 30 soal yang harus sobat kerjakan. Bobot jawaban apabila sobat menjawab benar, maka nilainya lima (5). Bila jawaban sobat ternyata salah atau tidak menjawab soal, maka nilainya nol (0).

Sobat Poltek diberi waktu 100 menit untuk menjawab soal-soal tersebut.

Mimin coba jabarkan lewat tabel supaya mudah dimengerti oleh sobat poltek:

Nilai minimal atau nilai ambang batas yang harus sobat capai untuk mendapatkan status “Memenuhi” adalah sbb:

TKP: 156, TIU: 80 dan TWK: 65.

Kunci sukses lolos tahap SKD adalah mendapatkan nilai sebanyak mungkin.

Oke sobat poltek SSN. Semoga ulasan tentang cara penilaian tes SKD bisa memberikan gambaran ke sobat Poltek tentang bagaimana nilai SKD ditetapkan.

Strategi terbaik untuk sobat Poltek yang akan menghadapi tes SKD adalah belajar. Buat sobat Poltek yang sudah melaksanakan tes SKD, strategi terbaik adalah berdoa dan memasrahkan hasilnya pada Alloh Ta’äla, Tuhan yang Maha Esa.

Follow ig dan kepoin terus website Poltek SSN: www.poltekssn.ac.id  untuk update informasi seputar SPMB Poltek SSN 2021 dan pengumuman hasil tes SKD.

Sobat Poltek, -YNWA – You’ll Never Walk Alone

Ada mimin yang setia menemanimu sampai di terima di Poltek SSN. 

Pos Terkait