Selamat Hari Kebangkitan Nasional Ke-113

Halo Sobat Poltek SSN

20 Mei 1908 atau 113 tahun yang lalu, Organisasi Pemuda Boedi Oetomo lahir. Boedi Oetomo diyakini sebagai cikal bakal kebangkitan nasional di Indonesia.

Sobat Poltek, taukah kamu bagaimana Boedi Oetomo lahir? Berawal dari keprihatinan dr. Wahidin Soedirohusodo yang melihat pemuda-pemuda pribumi yang cerdas tapi tidak dapat melanjutkan sekolahnya.

Akhirnya dr. Wahidin melakukan lawatan ke kota-kota besar di pulau jawa mengunjungi tokoh-tokoh masyarakat sambil menawarkan gagasannya tentang dana pelajar atau studiefonds untuk membantu membiayai sekolah para pemuda cerdas.

Sampailah lawatan dr Wahidin di STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen), dalam Bahasa Indonesia: Sekolah Pendidikan Ahli Ilmu Kedokteran Pribumi. Saat ini STOVIA telah menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Gagasan dr Wahidin di respon dengan baik oleh para mahasiswa STOVIA. Maka dibentuklah organisasi Boedi Oetomo oleh dr Soetomo dan para mahasiswa STOVIA yaitu Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji.

Berawal dari hanya mengumpulkan dana pelajar, tujuan organisasi Boedi Oetomo meluas menjadi ingin memperbaiki keadaan sosial masyarakat yang menderita karena dijajah Belanda.

Boedi Oetomo merupakan organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern.

Lahirnya Boedi Oetomo menumbuhkan lahirnya gerakan-gerakan pemuda untuk berjuang melalui pengajaran dan pergerakan organisasi.

Gerakan-gerakan kepemudaan inilah yang menginisiasi lahirnya sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Dan atas berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, rakyat Indonesia menyatakan Kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945.

Sobat Poltek bisa menjadi seperti pemuda pergerakan di era Boedi Oetomo.
Caranya : Segera bangkit dari tidurmu, lakukan sesuatu yang bermanfaat dan jangan jadi kaum rebahan!

Jangan tanyakan apa yang negara berikan padamu. Tapi tanyakan apa yang bisa kau berikan untuk negara!

Selamat Memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 113.

Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh.

Pos Terkait