Kuliah Umum “Akuntabilitas Keuangan Negara”, Daging Semua Isinya !!!

Halo sobat Poltek SSN

Senin, 11 Oktober 2021

Sejak hari minggu Auditorium Sumarkidjo, Poltek SSN bersolek untuk menyambut tamu penting. Tamu penting itu adalah Anggota I Badan Pemeriksa Keuangan RI Bapak Dr. Hendra Susanto. Beliau hadir ke Poltek SSN dalam rangka berbagi ilmu dalam acara Kuliah Umum “Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara”.

Acara ini dihadiri oleh Kepala BSSN, Hinsa Siburian, Direktur Poltek SSN, Nunil Pantjawati, Para Pejabat Tinggi madya dan Pratama BSSN, Para pejabat struktural dan akademik serta taruna dan taruni Poltek SSN yang hadir secara luring maupun daring.

Direktur Poltek SSN, Nunil Pantjawati sedang memberikan opening speech pada acara Kuliah Umum, 11 Oktober 2021 di Auditorium Sumarkidjo, Poltek SSN – Ciseeng Bogor.

Pada sambutan pembukaan atau opening speech, Direktur Poltek SSN Nunil Pantjawati menyampaikan apresiasinya kepada Dr. Hendra yang telah berkenan hadir di Poltek SSN untuk berbagi ilmu. Nunil berharap materi yang disampaikan dan diskusi yang berlangsung dapat memotivasi civitas akademika Poltek SSN untuk tetap berpegang teguh pada azas-azas akuntabilitas demi tercapainya visi Poltek SSN yaitu: Menjadi politeknik berkelas dunia yang menghasilkan sumber daya manusia siber dan sandi yang unggul dan berjiwa Pancasila.

Anggota I BPK RI, Dr Hendra Susanto sedang memberikan pencerahan tentang Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara di depan Taruna-Taruni Poltek SSN.

Memasuki materi kuliah umum, Dr. Hendra menjelaskan tentang tugas BPK didepan Taruni-Taruni Poltek SSN yang hadir secara luring maupun daring. “Tugas BPK antara lain melakukan pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara yang dilakukan oleh pemerintah dan lembaga Negara, termasuk memeriksa BSSN”, ujar Dr. Hendra.

Taruna-Taruni Poltek SSN sangat antusias mendengarkan materi kuliah umum. Banyak pertanyaan dan diskusi yang tercipta seputar akuntabilitas pengelelolaan keuangan negara.

Taruna-Taruni Poltek SSN nampak antusias mendengarkan penjelasan tentang tugas dan fungsi BPK serta seputar pengawasan keuangan negara yang disampaikan oleh Dr. Hendra. Pada saat dibuka sesi tanya jawab, banyak pertanyaan yang masuk ke moderator.

Dion Ogi, Staf Pengajar Poltek SSN bertindak selaku moderator pada acara Kuliah umum: Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara.

Dion Ogi, staf pengajar Poltek SSN selaku moderator acara kuliah umum sampai berceletuk, “Taruna-taruni Poltek SSN ini setiap hari makanannya rumus matematika dan komputer pak, jadi mohon maaf kalau ada pertanyaan yang kurang tepat”, candanya.

Kepala BSSN, Hinsa Siburian memberikan closing statement pada acara Kuliah Umum “Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara”.

Di penghujung acara, Kepala BSSN Hinsa Siburian memberikan closing statement. Diatas podium, Hinsa memberikan semangat pada taruna-taruni Poltek SSN untuk terus belajar. “Saya yakin sekali di hati sanubari kalian pasti banyak yang ingin menjadi seperti Pak Hendra”, ujarnya. “Jangan khawatir, kedepan BPK pasti membutuhkan ahli-ahli cyber security”. “Kalian, taruna-taruni Poltek SSN yang akan mengisi posisi tersebut”, ujar Hinsa.

Pada kesempatan yang sama, Hinsa Siburian mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh BPK sehingga BSSN dapat mencapai Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Sebagai informasi, BPK memberikan Opini WTP kepada BSSN atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2019 dari hasil konsolidasi pemeriksaan 87 Laporan Keuangan Kementerian Lembaga (LKKL) dan satu Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara (LKBUN) Tahun 2019. (BPK Berikan Opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2019 | bssn.go.id).

“Sekarang saya sudah bisa sedikit mendongakkan kepala apabila bertemu menteri menteri”, kelakarnya yang disambut tawa peserta.

Pos Terkait