Techday 2021 Sukses Digelar

Halo sobat Poltek SSN

Kegiatan “Techday 2021: Cybersecurity in Digital Transformation” sukses di laksanakan. Acara yang diinisiasi oleh Poltek SSN dan Huawei dengan menghadirkan para ahli dibidang IT Security ini dihadiri lebih dari 250 peserta melalui platform zoom.

Deputi Bidang Operasi Keamanan Siber dan Sandi BSSN, Mayjen TNI Yoseph Puguh E.S bertindak sebagai keynote speaker memaparkan tentang Strategi Keamanan Siber Nasional. Yoseph menyampaikan publikasi laporan dari International Telecommunication Union (ITU) pada 2021 yang menyebutkan bahwa Global Cybersecurity Index (GCI) Indonesia tahun 2020 berada di peringkat 24 dari 194 negara. Peringkat ini pun merupakan peningkatan dari sebelumnya, di mana Indonesia berada di urutan 41 pada tahun 2018 lalu.

Indonesia sendiri pada tingkat regional, menempati peringkat 16 di Asia Pasifik dan peringkat 3 di ASEAN setelah Singapura dan Malaysia.

GCI adalah referensi terpercaya yang mengukur negara-negara anggota ITU terhadap keamanan siber atau cybersecurity di tingkat global. Tingkat perkembangan cybersecurity di tiap negara pun dianalisis berdasarkan lima pilar, yaitu legal measurestechnical measuresorganizational measurescapacity development measures, dan cooperation measures.

Nilai GCI pada suatu negara akan didasarkan pada lima pilar tersebut sebagai parameter, dengan mengajukan 20 indikator yang berisi 82 pertanyaan bagi negara anggota untuk dapat melihat perkembangan keamanan siber, tutup Yoseph.

Direktur Poltek SSN, Nunil Pantjawati pada sesi welcome Speech 1 menyatakan bahwa Poltek SSN mendukung penuh acara Techday. Nunil juga menambahkan, Poltek SSN membuka peluang kerjasama pendidikan dengan pihak lain dengan semangat menyebarkan ilmu tentang keamanan siber. Beliau berharap rangkaian kegiatan Techday dapat menjadi katalis untuk belajar tentang cyber security. “Karena ilmu tentang cyber security tidak eksklusif milik orang atau lembaga tertentu”, ujarnya.

VP/ Partner Development Director Huawei Indonesia, Pudja Unggul Kartiman pada sesi welcome speech 2 menyatakan, Huawei siap mendukung acara serupa dari Poltek SSN karena terkait dengan pendidikan.

Acara dilanjutkan dengan paparan dan tanya jawab yang dipandu moderator Ketua Jurusan Rekayasa Keamanan Siber Poltek SSN, Obrina Chandra.

Sobat Poltek, kepoin terus website dan ig Poltek SSN untuk mendapat update informasi tentang event pendidikan yang diselenggarakan oleh Poltek SSN.

Sampai jumpa di event Poltek SSN selanjutnya.

Pos Terkait