Estafet Kepemimpinan Poltek SSN Menuju Lembaga Pendidikan Berkelas Dunia

Bogor, 11 Februari 2021


Sejak pagi hari, Auditorium Sumarkidjo bersolek untuk menyambut Direktur Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) yang baru. Kursi-kursi di susun rapi, sound system disiapkan dan tak lupa para pengisi acara melakukan gladi bersih demi suksesnya penyambutan tersebut.


Acara serah terima jabatan dan lepas sambut pegawai Poltek SSN sedianya dilaksanakan pada siang hari. Ada 9 pegawai termasuk Direktur Poltek SSN, Christianto Noviantoro yang akan melaksanakan tour of duty ke tempat yang baru di lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sebagai Kepala Biro Hukum dan Humas. Sebagai penggantinya, Kepala BSSN, Hinsa Siburian telah menunjuk Nunil Pantjawati Sebagai Direktur Poltek SSN yang baru. Sebelumnya Nunil menjabat sebagai Direktur Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Ekonomi Digital BSSN.


Acara diawali dengan penyerahan pataka Poltek SSN dari direktur yang lama ke direktur yang baru kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan surat serah terima jabatan. Beberapa kesan dan pesan disampaikan oleh para staff dan perwakilan pegawai Poltek SSN yang ikut berpindah tugas ke tempat yang baru maupun yang mutasi ke Poltek SSN.


Pada sesi sambutan, Christianto Noviantoro berpidato, ”saya mengartikan jabatan itu sebagai alat untuk bisa mengeksekusi. Kalau saya tidak memegang jabatan direktur mungkin yang saya sampaikan untuk Poltek SSN hanya wacana, hanya saran. Yang baru itu tidak harus merubah total. Justru sebagai penerus itu harus mengiinventarisir program apa saja yang perlu di teruskan. Itu yang saya lakukan pada saat menjabat sebagai direktur Poltek SSN yaitu melanjutkan revitalisasi yang sudah di canangkan oleh pendahulu saya”.


“Kesan saya selama menjabat sebagai direktur Poltek SSN, dukungan dari teman-teman sungguh luar biasa. Sinergitas sudah terbentuk. Kemampuan teman-teman untuk melaksanakan tugas secara team work dapat diandalkan sehingga saya merasa ringan melaksanakan tugas di Poltek SSN”.


“Kepada mahasiswa, saat ini tidak pada kondisi yg ideal untuk melaksanakan tugas belajar. tapi jangan berputus asa, jangan mengeluh, tetap tangguh, bahwa tujuan kalian ada disini adalah lulus, menyelesaikan pendidikan dengan hard skill dan attitude yang bagus”.


“Tujuan Poltek SSN menyelenggarakan pendidikan tidak hanya meluluskan orang-orang yang pintar atau cerdas, tapi juga memiliki budi pekerti yang baik. Tetap semangat, jaga kondisi untuk selalu dapat melaksanakan pendidikan dengan baik”.

“Saya mohon maaf jika saya belum dapat memberikan apa-apa. Saya baru tahap berusaha dan merencanakan. Insya Alloh akan diteruskan oleh penerus saya dan teman teman. Saya berdoa semoga pandemi ini segera berakhir sehingga kita dapat melaksanakan apa yang sudah kita agendakan sehingga mendapat hasil yang optimal”. Tutup Christianto.


Selanjutnya, Nunil Pantjawati memberikan sambutan sebagai direktur Poltek SSN yang baru. “Mohon dukungan dan kerjasamanya supaya apa yang sudah tertanam dengan baik, sistem yang sudah berjalan, bisa tetap on the track dan kita bisa saling mengingatkan apabila ada hal hal yang memang kurang pas. Apalagi dengan situasi pandemi ini semuanya pada posisi belajar..Belum pernah ada yang mengalamai pandemi sebelumnya kan?!”, tanya Nunil kepada yang hadir.


“Jadi kita belajar bersama sama. kita diskusikan mana alternatif-alternatif yang baik dengan resiko minimal dan bisa memberikan kebaikan bagi semuanya, bagi mahasiswa, bagi pegawai, dan bagi keluarga yang kita tinggal di rumah”, Ujar Nunil. (IR).

Pos Terkait