Dosen Poltek SSN Terpilih Menjadi Cyber Security Nexus Director ISACA – INDONESIA CHAPTER

Senin, 22 Maret 2021

Obrina Candra Briliyant, S.Kom., M.T., Dosen pada Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)  terpilih menjadi Cyber Security Nexus Director pada kepengurusan baru ISACA (The Information Systems Audit and Control Association) Indonesia Chapter untuk periode 2021-2023 pada rapat tahunan anggota ISACA yang diselenggarakan pada tanggal 17 Maret 2021.

Rapat tahunan yang dipimpin oleh Isnaeni Achdiat, anggota senior ISACA Indonesa Chapter itu dihadiri oleh lebih dari 200 anggota aktif secara daring sehingga tetap dapat berjalan lancar di tengah masa pandemi.

Adapun tujuan yang hendak dicapai kepengurusan baru ISACA – Indonesia Chapter antara lain:

  • Berencana mendorong sektor Pendidikan untuk dapat menghasilkan lulusan -lulusan yang memiliki pengetahuan dan kemampuan mumpuni dalam bidang Tata Kelola dan Keamanan Siber;
  • Memperkuat penerapan tata kelola teknologi informasi dan keamanan siber di Indonesia karena ini akan menjadi kunci keberhasilan ekonomi Digital dalam menyongsong Indonesia 2045;
  • Memberikan kontribusi yang lebih besar dalam perkembangan ekonomi digital Indonesia.

ISACA adalah suatu organisasi profesi internasional di bidang tata kelola teknologi informasi. Dalam tiga dekade terakhir, ISACA telah berkembang pesat. Hal ini ditandai dengan dijadikannya ISACA sebagai acuan praktik-praktik terbaik dalam hal audit, pengendalian dan keamanan sistem informasi oleh para profesional di seluruh dunia.

Sertifikasi yang diterbitkan oleh ISACA terdiri dari Certified Information Systems Auditor (CISA), Certified Information Security Manager (CISM), Certified in the Governance of Enterprise IT (CGEIT), Certified in Risk and Information Systems Control (CRISC) dan Framework Control Objectives for Information and Related Technology (COBIT).

ISACA berdiri pada tahun 1967 dan mengelola lebih dari 140,000 anggota, di lebih dari 80 negara di dunia.

ISACA–Indonesia Chapter terbentuk sejak tahun 1993, dan mengelola lebih dari 800 member dari seluruh daerah di Indonesia.

Hingga kini, ISACA-Indonesia Chapter telah banyak bekerja sama dan memberikan dukungan pada berbagai kegiatan di kementerian dan instansi pemerintahan seperti Badan Siber dan Sandi Negara, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan, serta berbagai institusi dan perusahaan besar lainnya di Indonesia. Kerja sama ini dilakukan guna meningkatkan penerapan governance yang baik dalam pengelolaan Teknologi Informasi.

Obrina Candra

Obrina Candra Briliyant merupakan Dosen di Poltek SSN pada Program Studi Rekayasa Keamanan Siber (Prodi RKS). Kurikulum Prodi RKS  merupakan jenis program studi terapan (vokasi) sehingga untuk setiap satuan kredit semester (sks) alokasi pengajaran yang diberikan memenuhi komposisi 40% teori dan 60% praktikum/responsi.

Obrina Candra adalah alumni Institut Teknologi Bandung, berlatar belakang pendidikan ilmu komputer dan informatika yang mengkhususkan diri dalam bidang audit Sistem Manajemen Keamanan Informasi.

Tulisan Obrina Candra terkait Teknologi Informasi komunikasi juga banyak yang telah di publikasikan, yang terbaru berjudul Waspada ‘Pencurian’ Data Pada WhatsApp pada laman digitalbisnis.id https://digitalbisnis.id/waspada-pencurian-data-pada-whatsapp/.

Tulisan terbaru Obrina Candra

“Posisi saya saat ini sebagai Dosen memungkinkan saya untuk berbagi pengetahuan dan juga mengambil ilmu dari rekan-rekan saya. Tujuan saya saat ini adalah melakukan penelitian tentang keamanan pengetahuan, alat kolaborasi yang aman, dan mensosialisasikan kesadaran akan kebutuhan berbagi pengetahuan dalam organisasi untuk memunculkan kreativitas dan inovasi mereka sambil melindungi pengetahuan organisasi dari ketidaktersediaan, gangguan, dan pencurian dari para pesaingnya”, Ujarnya.

Selamat berkarya dan sukses untuk Obrina Candra Briliyant di ISACA – Indonesia Chapter. Semoga membawa Kontribusi Nyata bagi Perkembangan Tata Kelola Teknologi Informasi di Indonesia.

Pos Terkait