Direktur Poltek SSN Menjelaskan Pentingnya Kerjasama Poltek SSN dengan Kampus-kampus di Inggris Pada Acara Cyber Dialogue

Kamis, 11 November 2021

Halo sobat Poltek SSN

Menteri luar negeri Inggris, Liz Truss datang ke Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dalam rangka menghadiri acara “Cyber Dialogue, Peningkatan Kerjasama di Bidang Keamanan Siber antara Indonesia dan Inggris”.

Rombongan di terima oleh Kepala BSSN, Hinsa Siburian. Turut hadir Direktur Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN), Nunil Pantjawati. Kepala BSSN, Hinsa Siburian menyambut baik kedatangan Liz Truss ke kantor BSSN.

Pada kesempatan tersebut, Nunil Pantjawati selaku Direktur Poltek SSN menjelaskan bahwa saat ini Poltek SSN sedang melakukan evaluasi kurikulum dalam rangka pengembangan kurikulum untuk mengakomodir kompetensi yang dibutuhkan sesuai Peta Okupasi Nasional Keamanan Siber (PONKS) dan juga perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keamanan siber terkini.

Untuk mewujudkan visi Poltek SSN menjadi world class campus, maka Poltek SSN harus mampu menghasilkan lulusan yang dapat berkompetisi secara global baik dari segi keilmuan maupun penerapannya di bidang keamanan siber. “Oleh sebab itu maka rencana pengembangan kurikulum harus juga diselaraskan dengan standar kurikulum nasional dan internasional di bidang keamanan siber dan sandi” kata Nunil.

Untuk memperkaya penguatan dalam pengembangan kurikulum berskala internasional, maka kolaborasi Poltek SSN dengan perguruan tinggi di Inggris khususnya yang memiliki program studi keamanan siber seperti Royal Halloway University (RHU) akan memberi nilai tambah yang positif.

Melalui Cyber Dialogue yang di hadiri oleh Menlu Inggris, Liz Truss, Nunil berharap kerjasama di bidang keamanan siber dalam lingkup pendidikan dapat ditingkatkan.

Kerjasama itu meliputi:

1. berbagi pengetahuan (knowledge sharing) konten kurikulum untuk program studi Crypto science, crypto engineering, dan cyber security;

2. Internship untuk mahasiswa maupun dosen;

3. Peluang dual degree antara Poltek SSN dan Universitas di Inggris yang memiliki program studi keamanan siber seperti RHU;

4. Program penelitian bersama dengan universitas terkemuka di Inggris.

Penelitian bersama yang sedang berjalan saat ini antara lain

a. Keamanan Internet of Things, dengan Universitas Cardiff;

b. Machine Learning untuk Keamanan Siber, dengan Universitas Bristol;

c. Kriptografi, dengan Royal Holloway University of London.

Pos Terkait