Pengabdian

Kepada Masyarakat

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Poltek SSN dikoordinasi, dipantau, dan dievaluasi oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Poltek SSN.

email: ppm@poltekssn.ac.id

Sosialisasi Kesadaran Keamanan

Sebagai Perguruan Tinggi yang mendalami bidang keamanan siber dan persandian, maka Poltek SSN berkewajiban untuk memberikan kesadaran mengenai keamanan informasi kepada masyarakat.

Sosialisasi kesadaran keamanan (Sosdarkam) juga bertujuan untuk meningkatkan  kecerdasan kehidupan bangsa dalam beraktifitas di ruang siber secara aman.

Sasaran pengabdian masyarakat dalam kegiatan Sosdarkam seperti siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), peserta seminar, peserta pendidikan dan pelatihan (Diklat), dll.

Penerapan Ilmu Pengetahuan

Bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan Poltek SSN adalah menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan pendidikan dan penelitian.

Penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang keamanan siber dan sandi dapat dirasakan masyarakat melalui kerja sama dengan berbagai Kementerian/ Lembaga/ maupun Swasta.

Upaya pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan seperti penyusunan kebijakan pemerintah pusat dan daerah terkait keamanan siber dan sandi, penerapan teknologi tepat guna, penguatan keamanan sistem siber, dll.

Pelatihan

Poltek SSN melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan berperan aktif dalam kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian/Lembaga.

Melalui kegiatan pelatihan, Poltek SSN dapat memberikan pemahaman teknis bagaimana cara memperkuat sistem siber dan menerapkan persandian kepada peserta.

Pemahaman teknis yang diberikan, diharapkan dapat diterapkan di instansi masing-masing peserta sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat yang lebih luas.

Kepeduliaan

Pengabdian secara nyata tidak ragu dilakukan Poltek SSN kepada masyarakat sekitar dari hal yang terlihat kecil tetapi bermanfaat besar dengan dasar rasa kepedulian.

Tindakan kepedulian dilakukan dengan beragam cara seperti membersihkan lingkungan sekitar, donor darah, pendidikan, pembangunan fasilitas bersama, donasi korban bencana, dll.