Penelitian

Poltek SSN

Kegiatan penelitian di Poltek SSN dikoordinasi, dipantau, dan dievaluasi oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Poltek SSN.

 

email: ppm@poltekssn.ac.id

Publikasi

Sebagai Perguruan Tinggi yang fokus terhadap perkembangan keamanan siber dan persandian, Poltek SSN memberikan perhatian khusus terhadap kegiatan penelitian.

Poltek SSN terus menerus mendorong dosen dan mahasiswa untuk melakukan dan mengembangkan penelitian terkait keamanan siber dan persandian untuk berkontribusi dalam keamanan nasional.

Hasil dari kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa selalu diupayakan agar dapat dipublikasikan dalam Jurnal dan Seminar Internasional maupun nasional.

Sebagai alternatif dalam publikasi hasil penelitian dosen dan mahasiswa, Poltek SSN menerbitkan Jurnal InfoKripto secara berkesinambungan.

Road Map

Road Map penelitian unggulan Poltek SSN hingga tahun 2024 secara garis besar terdiri atas dua fokus penelitian. Itu sesuai dengan amanat Prioritas Riset Nasional yang dipercayakan kepada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sebagai instansi induk Poltek SSN. Kedua fokus penelitian tersebut adalah:

  1. Rekayasa Keteknikan
  2. Sosial, Humaniora, Pendidikan, Seni, dan Budaya

Fokus Rekayasa Keteknikan memiliki 8 (delapan) tema penelitian unggulan yang melibatkan seluruh Kelompok Keilmuan di Poltek SSN, yaitu:

  1. Teknologi jaringan optik (optical networks technology)
  2. Tranceiver untuk Cyber Physical Systems
  3. Provable security
  4. Secure Internet of Things
  5. Networks and cyber security
  6. Key management
  7. Formal method
  8. Forensik perangkat keras

Fokus penelitian Sosial Humaniora, Pendidikan, Seni, dan Budaya memiliki 5 (lima) tema penelitian unggulan yang ditetapkan oleh Poltek SSN, yaitu:

  1. Networks and cyber security
  2. Evidence-based policy
  3. Big data utilization
  4. Embbeded IoT systems
  5. Secure smart city and smart nation

Riset Kolaboratif

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat memicu peneliti Poltek SSN untuk senantiasa mengeksekusi ide-ide barunya.

Dengan beragam keterbatasan yang dimiliki, maka riset kolaboratif atau kerja sama riset antar peneliti lain di dalam maupun di luar negeri diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian.

Hasil penelitian yang dipublikasikan peneliti itu pada akhirnya bertujuan untuk memberikan kemanfaatan yang sebesar-besarnya kepada masyarakat.  

Laboratorium Riset

Poltek SSN memfasilitasi Dosen dan Mahasiswa untuk melakukan penelitian melalui Laboratorium Riset. Setiap Kelompok Keilmuan setidaknya memiliki 1 (satu) Laboratorium Riset yang khusus sesuai kebutuhannya. Terdapat 4 (empat) kelompok keilmuan di Poltek SSN, yaitu:

  1. Rekayasa Keamanan Siber
  2. Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi
  3. Rekayasa Perangkat Lunak Kriptografi
  4. Rekayasa Sistem Kriptografi

Setiap Laboratorium Riset dipimpin oleh Koordinator Laboratorium yang berkoordinasi dengan Jurusan dan Unit Laboratorium Terpadu.