Tentang

Poltek SSN

Poltek SSN (dahulu Sekolah Tinggi Sandi Negara) merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yang diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)

Sejarah Kampus

Terbentuknya Poltek SSN berawal dari pendidikan sandi pada tahun 1946, bersamaan dengan berdirinya organisasi sandi di Kementerian Pertahanan, yang pada saat itu dikenal dengan nama Bagian Code Kementerian Pertahanan Bagian B (Intelijen). Pada tahun 1947 dibentuk pendidikan sandi dengan sistem magang.

Setelah organisasi persandian ditingkatkan statusnya menjadi suatu badan/lembaga tersendiri bernama Djawatan sandi pada tahun 1950, sistem pendidikan sandi disempurnakan menjadi pendidikan Sandiman dan Juru Sandi.

Karena pendidikan Sandiman dinilai kurang dalam analisis kriptografi, maka dibentuk pendidikan Ahli Sandi –Brevet A dan Brevet B. Meskipun demikian, pendidikan Sandiman dan Juru Sandi tetap ada dengan nama Diklat Sandiman -Ahli Sandi Tingkat II dan Juru Sandi –Ahli Sandi Tingkat I …..

Visi

Menjadi Politeknik berkelas dunia yang menghasilkan SDM siber dan sandi yang unggul dan berjiwa Pancasila

Misi

  1. Menyelenggarakan program pembelajaran berkualitas tinggi dalam rangka penguasaan pengetahuan dan keahlian di bidang keamanan siber dan sandi
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam rangka pengembangan dan penerapan pengetahuan dan keahlian di bidang keamanan siber dan sandi
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berkualitas tinggi dalam rangka penerapan pengetahuan dan keahlian di bidang keamanan siber dan sandi
  4. Menyiapkan dan membentuk SDM siber dan sandi yang bermental tangguh dan bermoral tinggi

Prospek Lulusan

Lulusan Poltek SSN dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) atau instansi pemerintah lainnya baik di pusat maupun di daerah sesuai dengan formasi yang tersedia.

Keahlian

|Cryptographic Engineer| Information Security Practitioner| Information Security Analyst| Network Security Engineer| Network & Web Penetration Tester| Hardware Security Engineer| Software Security Engineer|

Kompetensi

Kemampuan menganalisis, merancang, dan mengimplementasikan sistem kriptografi dan/atau mengelola, mengevaluasi, mengembangkan keamanan siber dan persandian negara seutuhnya sehingga dapat mendukung pemerintah dalam aspek pertahanan dan keamanan negara.

Karakter

Kemampuan menumbuhkembangkan kreativitas dan pemikiran untuk mewujudkan keseimbangan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan sosial dan kecerdasan spiritual sebagai kader pemerintahan di bidang keamanan siber dan persandian.

Struktur Organisasi

Poltek SSN dipimpin oleh Direktur yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Pembinaan Poltek SSN secara teknis akademik dilaksanakan oleh Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi, dan secara teknis fungsional dilaksanakan oleh Kepala BSSN sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Susunan organisasi Poltek SSN terdiri atas:
a. Direktur dan Wakil Direktur;
b. Senat;
c. Dewan Penyantun;
d. Satuan Pengawas Internal;
e. Bagian;
f. Jurusan;
g. Pusat;
h. Unit Penunjang; dan
i. Kelompok Jabatan Fungsional.

Lokasi Kampus

Fasilitas Penunjang Pendidikan

Mencetak mahasiswa berkarakter kuat sesuai dengan etos sandi yang dilandasi nilai-nilai Pancasila
Kolam Renang
Asrama
Poliklinik
Lapangan Olah Raga
Wahana Rekreasi
Perpustakaan
Sarana Beribadah
Laboratorium